Review Jurnal

Judul Jurnal : Online Social Relations and Country Reputation
Jurnal : International Journal of Communications (IJoC)
Tahun : 2013
Penulis : Hyunjin Seo
Reviewer : - Armievita Adriana (11516100)
                   - Brigita Elanda Sari (11516481)
                   - Intan Permata Sari (18516379)
                   - Luthfia Indra Rizka (14516147)
Tanggal :  Jumat, 30 Maret 2018
Tujuan Penelitian :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran hubungan sosial online dan penggunaan informasi dalam membentuk persepsi masyarakat dari Negara-negara lain di era teknologi informasi dan jejaring sosial online. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pemahaman citra nasional dan reputasi Negara.
Subjek Penelitian :
Penelitian ini menguji hubungan antara individu Korea Selatan secara jaringan sosial online dan penggunaan informasi secara online terhadap pandangan mereka atas Amerika Serikat dan peringkat favorability mereka terhadap Amerika Serikat. Korea Selatan dipilih karena Negara ini memiliki tingkat penetrasi broadband rumah tangga tertinggi di dunia, dan mayoritas warganya menggunakan internet (KISA & KCC 2009). Selain itu, tingginya tingkat bandwidth internet internasional antara korea selatan dan amerika serikat menunjukkan banyak komunikasi berbasis internet antar kedua Negara (TeleGeograhphy, 2012). Selain itu, Amerika Serikat adalah Negara penting di benak warga Korea Selatan.
Metode Penelitian :
            Penelitian ini menggunakan metodologi survey untuk mempelajari sekelompok besar persepsi orang dewasa Korea Selatan atas Amerika Serikat dan penggunaan situs jaringan sosial dan jenis-jenis situs yang berkaitan dengan Amerika Serikat.
            Target populasi untuk survei ini adalah pengguna internet Korea Selatan berusia 18 tahun ke atas, yang berada di Korea Selatan pada saat survei, yakni musim semi 2010. Mereka terdiri dari 5 kelompok yakni (1) orang Korea Selatan penerima beasiswa Fulbright, (2) wartawan Korea Selatan yang bertugas di Kementrian Luar Negeri, (3) orang Korea Selatan yang menjadi anggota CafĂ© USA (sebuah komunitas online yang dikelola Kedubes AS), (4) pengusahan Korea Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan konglomerat Negara atas, dan (5) mahasiswa Korea Selatan jurusan komunikasi di sebuah Universitas di Seoul.
            Survei ini dirancang untuk menguji (1) penggunaan internet masing-masing responden, (2) tingkat dan intensitas hubungan sosial online dengan Amerika Serikat, (3) penggunaan informasi online berkaitan dengan Amerika Serikat, (4) penilaian reputasi Amerika Serikat, (5) pengalaman pribadi dengan Amerika Serikat, (6) status sosial ekonomi, dan (7) variabel demografi lainnya, termasuk usia
            Tahap pertama, sebuah email dikirimkan untuk meminta antisipasi dalam pretest ke-50 warga Korea Selatan. Dari 50 email, 4 gagal dikirimkan. Dari 46 permintaan valid, 17 orang berpartisipasi dalam pretest, menghasilkan tingkat tanggapan 37%. Responden diminta untuk mengidentifikasi pertanyaan, pilihan jawaban, atau pertanyaan yang ambigu atau sulit dipahami dan memberikan saran untuk perubahan. Berdasarkan umpan balik mereka, beberapa pertanyaan dan pernyataan diperbaiki untuk meningkatkan kejelasan mereka. Kuesioner survei yang sudah di revisi dibuat dalam bahasa Korea dan diterbitkan melalui situs survei online profesional. Ketika survei online sudah siap, survei tersebut dikirim ke target peserta. Survei dibuka dari awal Maret sampai awal Mei 2010.
Kerangka Pemikiran :
Penelitian ini memiliki dua hipotesis dan dua pertanyaan penelitian, yakni:
Hipotesis 1:  Semakin banyak pengalaman personal yang dimiliki orang Korea Selatan atas Amerika Serikat, semakin tinggi mereka menilai positif reputasi amerika serikat. 
Hipotesis 2 : Semakin banyak pengalaman personal yang dimiliki orang Korea Selatan atas Amerika Serikat, semakin tinggi hubungan sosial online yang akan mereka jalin dengan orang Amerika Serikat.
Pertanyaan Penelitian 1 : Bagaimana tingkat hubungan sosial online yang orang Korea Selatan miliki dengan Amerika Serikat terkait dengan penilaian mereka terhadap reputasi Amerika Serikat?
Pertanyaan Penelitian 2: Bagaimana tingkat penggunaan informasi secara online yang orang Korea Selatan miliki tentang Amerika Serikat terkait dengan penelitian mereka terhadap reputasi Amerika Serikat?
Hasil Penelitian :
Hasil uji hipotesis satu menunjukkan bahwa semakin banyak pengalaman personal yang dimiliki orang Korea Selatan atas Amerika Serikat, semakin tinggi mereka menilai positif reputasi Amerika Serikat.  Hasil uji hipotesis dua menunjukkan bahwa semakin banyak pengalaman personal yang dimiliki orang Korea Selatan atas Amerika Serikat, semakin besar pula hubungan sosial online yang akan mereka jalin dengan orang Amerika serikit.
Hasil dari pertanyaan penelitian satu, menunjukkan bahwa semakin tinggi hubungan sosial online lebih warga Korea Selatan Amerika Serikat, semakin negative mereka menilai reputasi Amerika Serikat. Hasil dari pertanyaan penelitian dua, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara tingkat penggunaan informasi secara online yang orang Korea Selatan miliki tentang Amerika Serikar terkait dengan penilaian mereka terhadap reputasi Amerika Serikat.
Diskusi dan Kesimpulan :

Penelitian ini membuat beberapa kontribusi penting di bidang komunikasi dan area lain dari penelitian. Yang peling penting, penelitian ini menawarkan laporan yang komprehensif tentang kerja jaringan online dan keterhubungan. Definisi teoritis dan operasional hubungan sosial online dan penggunaan informasi secara online meletakkan dasar untuk penelitian masa depan pada pemahaman individu dari Negara-negara lain di era informasi jaringan. Ini adalah salah satu dari beberapa studi yang berpengaruh pada persepsi individu terhadap Negara-negara lain dan peristiwa internasional. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#SIP: EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

#SIP PROPOSAL PERANCANGAN APLIKASI ALAT TES PSIKOLOGI

#SIP : SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (CBIS)