Review Jurnal
Judul Jurnal : Online
Social Relations and Country Reputation
Jurnal : International Journal of
Communications (IJoC)
Tahun : 2013
Penulis : Hyunjin Seo
Reviewer : - Armievita Adriana (11516100)
- Brigita Elanda Sari (11516481)
- Intan Permata Sari (18516379)
- Luthfia Indra Rizka (14516147)
Tanggal :
Jumat, 30 Maret 2018
Tujuan Penelitian
:
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran hubungan sosial online dan penggunaan informasi dalam
membentuk persepsi masyarakat dari Negara-negara lain di era teknologi
informasi dan jejaring sosial online.
Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pemahaman citra nasional dan
reputasi Negara.
Subjek Penelitian :
Penelitian
ini menguji hubungan antara individu Korea Selatan secara jaringan sosial
online dan penggunaan informasi secara online
terhadap pandangan mereka atas Amerika Serikat dan peringkat favorability mereka terhadap Amerika
Serikat. Korea Selatan dipilih karena Negara ini memiliki tingkat penetrasi broadband rumah tangga tertinggi di
dunia, dan mayoritas warganya menggunakan internet (KISA & KCC 2009).
Selain itu, tingginya tingkat bandwidth
internet internasional antara korea selatan dan amerika serikat menunjukkan
banyak komunikasi berbasis internet antar kedua Negara (TeleGeograhphy, 2012).
Selain itu, Amerika Serikat adalah Negara penting di benak warga Korea Selatan.
Metode Penelitian :
Penelitian ini menggunakan
metodologi survey untuk mempelajari sekelompok besar persepsi orang dewasa
Korea Selatan atas Amerika Serikat dan penggunaan situs jaringan sosial dan
jenis-jenis situs yang berkaitan dengan Amerika Serikat.
Target populasi untuk survei ini
adalah pengguna internet Korea Selatan berusia 18 tahun ke atas, yang berada di
Korea Selatan pada saat survei, yakni musim semi 2010. Mereka terdiri dari 5
kelompok yakni (1) orang Korea Selatan penerima beasiswa Fulbright, (2)
wartawan Korea Selatan yang bertugas di Kementrian Luar Negeri, (3) orang Korea
Selatan yang menjadi anggota Café USA (sebuah komunitas online yang dikelola Kedubes AS), (4) pengusahan Korea Selatan yang
bekerja di salah satu perusahaan konglomerat Negara atas, dan (5) mahasiswa
Korea Selatan jurusan komunikasi di sebuah Universitas di Seoul.
Survei ini dirancang untuk menguji
(1) penggunaan internet masing-masing responden, (2) tingkat dan intensitas
hubungan sosial online dengan Amerika
Serikat, (3) penggunaan informasi online berkaitan
dengan Amerika Serikat, (4) penilaian reputasi Amerika Serikat, (5) pengalaman
pribadi dengan Amerika Serikat, (6) status sosial ekonomi, dan (7) variabel
demografi lainnya, termasuk usia
Tahap pertama, sebuah email
dikirimkan untuk meminta antisipasi dalam pretest ke-50 warga Korea Selatan.
Dari 50 email, 4 gagal dikirimkan. Dari 46 permintaan valid, 17 orang
berpartisipasi dalam pretest,
menghasilkan tingkat tanggapan 37%. Responden diminta untuk mengidentifikasi
pertanyaan, pilihan jawaban, atau pertanyaan yang ambigu atau sulit dipahami
dan memberikan saran untuk perubahan. Berdasarkan umpan balik mereka, beberapa
pertanyaan dan pernyataan diperbaiki untuk meningkatkan kejelasan mereka.
Kuesioner survei yang sudah di revisi dibuat dalam bahasa Korea dan diterbitkan
melalui situs survei online profesional.
Ketika survei online sudah siap, survei
tersebut dikirim ke target peserta. Survei dibuka dari awal Maret sampai awal
Mei 2010.
Kerangka Pemikiran
:
Penelitian
ini memiliki dua hipotesis dan dua pertanyaan penelitian, yakni:
Hipotesis
1: Semakin banyak pengalaman personal
yang dimiliki orang Korea Selatan atas Amerika Serikat, semakin tinggi mereka
menilai positif reputasi amerika serikat.
Hipotesis
2 : Semakin banyak pengalaman personal yang dimiliki orang Korea Selatan atas
Amerika Serikat, semakin tinggi hubungan sosial online yang akan mereka jalin
dengan orang Amerika Serikat.
Pertanyaan
Penelitian 1 : Bagaimana tingkat hubungan sosial online yang orang Korea
Selatan miliki dengan Amerika Serikat terkait dengan penilaian mereka terhadap
reputasi Amerika Serikat?
Pertanyaan
Penelitian 2: Bagaimana tingkat penggunaan informasi secara online yang orang
Korea Selatan miliki tentang Amerika Serikat terkait dengan penelitian mereka
terhadap reputasi Amerika Serikat?
Hasil Penelitian :
Hasil
uji hipotesis satu menunjukkan bahwa semakin banyak pengalaman personal yang
dimiliki orang Korea Selatan atas Amerika Serikat, semakin tinggi mereka
menilai positif reputasi Amerika Serikat. Hasil uji hipotesis dua menunjukkan bahwa
semakin banyak pengalaman personal yang dimiliki orang Korea Selatan atas
Amerika Serikat, semakin besar pula hubungan sosial online yang akan mereka
jalin dengan orang Amerika serikit.
Hasil
dari pertanyaan penelitian satu, menunjukkan bahwa semakin tinggi hubungan
sosial online lebih warga Korea Selatan Amerika Serikat, semakin negative
mereka menilai reputasi Amerika Serikat. Hasil dari pertanyaan penelitian dua,
menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara
tingkat penggunaan informasi secara online yang orang Korea Selatan miliki
tentang Amerika Serikar terkait dengan penilaian mereka terhadap reputasi
Amerika Serikat.
Diskusi dan Kesimpulan :
Penelitian
ini membuat beberapa kontribusi penting di bidang komunikasi dan area lain dari
penelitian. Yang peling penting, penelitian ini menawarkan laporan yang
komprehensif tentang kerja jaringan online dan keterhubungan. Definisi teoritis
dan operasional hubungan sosial online dan penggunaan informasi secara online
meletakkan dasar untuk penelitian masa depan pada pemahaman individu dari
Negara-negara lain di era informasi jaringan. Ini adalah salah satu dari
beberapa studi yang berpengaruh pada persepsi individu terhadap Negara-negara
lain dan peristiwa internasional.
Komentar
Posting Komentar